9/30/2011

Cara Menjadi Pintar dengan INSTAN!


Setiap orang pengen pintar. Mungkin motivasinya beda-beda, ada yang pengen pintar biar gak bisa dibegoin orang, atau pengen pintar biar bisa nge-bego-in orang, atau yang sekedar pengen pintar biar bisa dikagumi, dll. Tapi pada dasarnya yang selama ini kita ketahui buat menjadi pintar tuh ada prosesnya dan gak bisa langsung jadi pintar. Ada sih yang emang udah cerdas dari lahir, artinya proses pembelajarannya lebih cepet dari yang lainnya ato yang biasa dikenal dengan IQ. IQ sering menjadi tolak ukur kepintaran seseorang. Nah, tapi gimana orang yang IQ nya rendah? apakah bisa jadi pintar? tentu bisa. Dan apakah bisa menjadi pintar dengan INSTAN alias sekejap alias seketika alias langsung? hmmm.. bisa gak ya?


Jawabannya adalah bisa! asal kita tahu rahasianya biar bisa menjadi pintar dengan instan. Apa tuh my rahasianya? gimana caranya? oke akan gue ceritain dari pengalaman gue berikut, jadi gue cerita dulu nih..


Gue tau cara menjadi pintar dengan instan ini dari guru SMP gue, jadi waktu itu kalo gak salah gue baru masuk kelas 2 SMP. Pada pelajaran PAI, seperti biasa guru PAI nyuruh kita kalo di rumah bukunya baca, tapi ada salah satu temen gue bilang "Pak, kalo belajar di rumah suka gak masuk.. gimana sih pak biar masuk?" lalu Pak guru menjelaskan bagaimana cara belajar efektif, yaitu membaca dan memahami, juga mengerjakan latihan-latihan. Selesai menjelaskan, ada anak lain yang bertanya "Ada gak sih pak caranya biar kita langsung pintar? gak perlu belajar? pintar secara instan gitu?" Pak guru tersenyum, membenarkan posisi duduknya, lalu menjawab "Ada kok, mau tau?". Semua murid kaget dan penasaran, kami antusias ingin mengetahui rahasia biar bisa pintar secara instan itu.

Pak guru menarik nafas panjang, dan mulai berbicara "Caranya adalah... kalian bakar buku pelajaran, lalu larutkan abu bekas pembakaran ke segelas air, terus diminum.. misalnya kalian bakar buku bahasa Inggris lalu minum abu-nya nanti kalian jadi pinter bahasa Inggris, apa yang ada di buku itu pasti kalian bisa, nah kalo mau pinter matematika, bakar buku matematika, dst" Pak guru menerangkan dengan panjang lebar.

Yah.. gue kecewa, ternyata cuma bercanda, kirain gue beneran, udah serius-serius yekan? Anak-anak yang lain juga kecewa "Yeeee si bapak, kirainmah beneran! becanda aja nih!" seru anak-anak. Tapi Pak guru dengan muka serius ngeyakinin "Ini beneran lho.. kalian harus percaya, cara ini emang udah bener-bener terbukti ampuh!"

Ngeliat muka serius pak guru kayak gitu, kita terdiam.. setengah percaya, setengah gak percaya. Pikiran mengatakan "Gak mungkinlah! itu gak masuk akal banget!" tapi gue juga ga bisa memungkiri kalo muka pak guru waktu itu serius banget. Tiba-tiba terlintas dalam otak gue cuplikan Sinetron yang waktu gue kecil dulu sering tonton, sinetron ini diperankan oleh Tasya, penyanyi cilik pelantun "Libur telah tiba", dalam sinetron itu diceritakan kehidupan Tasya bersama 3 bonekanya yang bisa bicara (gue juga punya bonekanya di rumah).

Dalam salah satu episode gue inget, kalo Tasya ingin menjadi juara kelas dan ingin mengalahkan temannya. Dia mendengar mitos kalo minum larutan abu dari buku pelajaran yang terbakar bakal bisa pintar. Para boneka mencoba menjelaskan kepadanya bahwa cara itu cuma mitos, tapi keinginan Tasya untuk mengalahkan temannya mendorongnya untuk tetap melakukannya. Akhirnya setelah meminum larutan itu Tasya langsung pusing, ambruk, dan pingsan lalu dirawat di rumah sakit. Setelah sadar Tasya pun berjanji untuk rajin belajar untuk menjadi juara kelas.

Kok malah jadi cerita Tasya gini ya? yah, intinya waktu itu gue mikir, apakah nanti gue akan menjadi korban mitos dan terkapar di rumah sakit karena memakan laurtan karbon itu seperti Tasya, dan akhirnya gue mengakui kesalahan gue dan berjanji akan rajin belajar setelah sebelumnya digampar nyokap karena melakukan hal bodoh ini? Atau ternyata ini benar-benar berhasil, lalu gue akan menjadi super pintar? gue akan bakar kamus biar bisa semua bahasa, gue akan bakar buku walkthrough biar jago main game. Gue galau..

Di tengah keheningan kelas yang dihiasi wajah-wajah siswa yang cengo, pak guru melanjutkan, seakan masih ada rahasia lain yang lebih besar "Tapi, kalo kalian udah pintar, kalian masih harus sekolah.. iya donk, kalo kalian langsung berenti sekolah, apa kata masyarakat. Nah kalo kalian masih harus sekolah, kalian harus tetep belajar di kelas.. pake buku". Lalu ada yang bertanya "emang kenapa pak harus pake buku lagi? kan bukunya udah kita bakar?". Lalu pak guru menjawab dengan muka serius "soalnya kalo kalian gak pake buku, apa kata guru mata pelajarannya entar? melihat satu kelas langsung pintar tiba-tiba dan bukunya menghilang? apa kalian bakal bilang terus terang kalian pake cara ini? kalian mau ngebocorin rahasia ini?" kata pak guru.

Kita terdiam, lalu salah satu murid nyeletuk : "Yaelah pak, buku aja satu paketnya mahal, masa harus beli dua paket? buat dibakar satu, buat belajar satu.. lagian duit dari mana? minta sama orangtua? masa mau cerita buat dibakar.. pasti gak boleh donk pak gimana sih?" Pak guru tersenyum "Ya.. memang agak mahal kalo mau pinter instan, tapi sepadan kan sama yang di dapat?"
Semua siswa yang tadinya mungkin udah ada niat, jadi mengurungkan niatnya dan pada berkicau, lalu pak guru melanjutkan "Jadi gak mau nih pake cara ini?" "gak mau paaaak, ga punya duiiit" jawab semua anak. Ooh gitu, yaudah ada lagi cara buat pinter, walau gak secepet yang cara tadi, tapi ini lebih mudah dan gratis...". Anak-anak seperti sudah tau jawabannya dan bertanya dengan setengah antusias "apaan tuh pak?"

"Dengan belajar.. cuma dengan belajar, kalian bisa jadi pintar, hebat kan? gratis lagi.." jawab pak guru dengan puas karena berhasil 'mengerjai' murid-muridnya. "Yaaaaaah belajar lagi, itumah udah tau pak!" . "Yaudah kalo gitu.. ayo kita lanjut belajar, sampe mana tadi?"

"yah sial, cuma intermezo sebelum memulai pelajaran" gumam gue, tapi bener juga sih.. :)

ENJOY YOUR DAY!

53 comments

7 Oktober 2011 07.50

Wah makasih ya, jadi lebih pintar dari sebelumnya setelah membaca tulisan ini...

7 Oktober 2011 09.00

pintar tu mang gak bisa di dapat dengan gampang, kunci utamanya adalah dengan belajar.
artikel yang bagus sob,

7 Oktober 2011 11.17

kirain, mending bawa kalulator biar pinter matematik :P

7 Oktober 2011 15.22

Ketahuan kan kalo kita suka yang instan-instan...

Padahal kan semua proses. :D

Ga ada kan bayi lahir dalam 3 jam udah segede anak umur 10 tahun? :D

7 Oktober 2011 15.29

@efri : haha sama-sama :D

@coretan : betul, thanks sob :D

@kaget: haha sejenislah itu XD

@restiono: yup, bener bgt bro. Semuanya butuh proses :D

Anonim
7 Oktober 2011 17.15

percaya atau ga, gw percaya klo ngebakar buku trus kita minum abunya bisa bikin pinter seketika :D
kuncinya ya 1 "percaya", ya percaya, percaya bahwa kita bisa pinter dgn minuman itu
ya pertama2 kita baca dulu bukunya ampe abis, pahamin dikit2 ma :p, fotokopi, trus aslinya bakar dan minum abunya, dan yang paling penting ya itu, percaya bahwa dengan cara ini gw bisa pintar sekejab.
otak manusia kan hal yang paling hebat di tubuh kita, asal percaya aja, pasti bisa.

salam, Dany (you know lah :p) :nagcir:

Anonim
7 Oktober 2011 17.16

eh salah, maksudnye "____________:ngacir:

8 Oktober 2011 09.32

tapi sekarang tidak ada orang yang bisa meyakinkan gue kalo minum itu bisa pinter :p

13 Desember 2011 15.30

Yg instan2 itu biasanya gak baik untuk kesehatan... Belajar aja yang cerdas...

14 Januari 2012 23.31

Sebentar lagi, kita akan bisa pintar secara instan. Caranya dengan menempatkan chip komputer dikepala yang dihubungan ke otak.

Intel sedang mengupayakan agar chip buatannya dapat berfungsi memaksimalkan otak manusia dan menghubungkannya dengan dunia maya.
Implantasi chip ke otak manusia ini secara tidak langsung memungkinkan otak untuk berfungsi layaknya sebuah tetikus yang mampu mengontrol komputer, televisi maupun ponsel. Saat ini Intel masih sedang mencari cara untuk bisa membuat chip tersebut mampu membaca gelombang pergerakan otak.

Ide ini merupakan hasil pemikiran Dean Pomerleau, pejabat Intel yang bertanggung jawab dalam urusan ilmu syaraf, pemahaman mesin, visi komputer, robotik, keterhubungan manusia dan mesin, proses otak untuk informasi semantik, dan teknologi pemindai otak seperti fMRI, MEG, EEG, dan ECoG. Dirinya dan rekan dari perusahaan Chipzilla saat ini sedang mencari upaya untuk mengetahui mekanisme kerja gelombang otak.

Pomerleau yakin akan semakin banyak warga dunia yang menginginkan implantasi otak mereka. “Bayangkan saja ketika anda ternyata bisa menjelajah internet melalui otak anda. Dan memiliki semua informasi yang anda inginkan di dalam otak,” ujarnya.

Mau pintar secara instan? Pasang chip diotak anda!!

Salam Takzim.

15 Januari 2012 10.08

@om Kirman : bener om, belajar cerdas :D

@om Bagus : walah keren amat, tapi pasti mahal banget om.. btw udah ada kan yg six sense technology itu :o

Anonim
1 Februari 2012 21.08

ahahahha thx banget infonya bagus nih^^ ternyata kita tidak mengetahui rahasia orang pintar? dan jawabannya adalah belajar trs belajar dan belajar. Itu guru sengaja ngomongnya bercanda supaya anak2nya respon,tetapi tidak respon ^^,pinter juga itu guru . Tapi gara novel ini kita tau bawah secara instan apapun itu tidak menghasilkan yang baik ,tetap dibandingkan step by step dan memiliki pengalaman menjadi hasil yang luar biasa

thx infonya sekali lagi

5 Februari 2012 20.39

@Anonim
ya sama sama :D

Anonim
6 Februari 2012 23.11

Gw ud baca seirus",, trnyata gk ad caranya jg..-__-

10 Februari 2012 20.03

Believe it or not , temen gua pernah cerita kalo temen SMA nya ngelakuin itu saking stressnya menjelang UAS . Dia bakar buku nya , abu buku dicampur air , disaring dan diminum airnya .
Tapi bukan jadi pinter , doi malah masuk rumah sakit gara2 muntah2 . :(

11 Februari 2012 16.26

@erlin wulandari
haha nah itu kasusnya sama kayak di film Tasya yang gue bilang XD

Anonim
14 Februari 2012 14.13

Wuahahahaaa. . .film tasya, yayaya. .aku jg inget tuh. :D
Kalo soal yg intel itu, kalo kena virus gmana yah?
Bisa eror d0nk?

Anonim
22 Februari 2012 18.34

Masa sih bisa bikin pintar...........

Anonim
22 Februari 2012 18.37

Coba Ramy buku Matematika kamu bakar ambil abunya lalu dimasukkan ke air minun brani g?.........

Anonim
4 Maret 2012 21.19

Yah...elah... kocak...kocak... .

Ga mungkin itu .pintar ya harus belajar dg sepenuh hati.

31 Maret 2012 11.02

@Anonim
hahaha kita seangkatan klo gitu XD

31 Maret 2012 11.02

@Anonim
hahahaha

31 Maret 2012 11.02

@Tomi Suryo Sahrul Romadhon
baca postingannya sampe selesai baru komen

31 Maret 2012 11.03

@Anonim
baca dulu postingannya sampe selesai baru komen

31 Maret 2012 11.03

@Anonim
coba aja terapin sendiri

8 April 2012 18.05

wah makasih bro sekarng gw udah jdi pinter??

Hahahahahahaha

12 April 2012 21.09

@linx lunx
hahaha belajar dulu gan XD

10 Mei 2012 23.26

makasih gan atas artikelnya..
nice ;)

11 Mei 2012 16.32

@sumex
thanks gan :)

13 Juli 2012 15.02

postingan yang bagus bisa memberikan referensi,
jika sempat mampir dulu ke blog saya
http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

terimakasih

Anonim
14 Oktober 2012 23.07

Yang itu mau kena Virus,, Gw nyaranin Chip nya pake
antivirus ,, :D
Atau sality killer :p

12 November 2012 11.48

Edan!!!! AKU JADI MASUKI ANGIN gara2 makan abu buku pelajaran.....

5 Desember 2012 18.18

huahahaha... ini guyonan lama yg kadang sudah gak lucu lagi.. tapi ya mau gimana lagi emang gak ada cara instan untuk pinter.

kecuali cerdas, cerdas kayaknya bawaan dari lahir..

23 Desember 2012 18.45

Keren sobat tulisannya, kreatif sukses selalu ya sobat ^>

5 Januari 2013 17.56

@ikamerdekawati
terimakasih Ika :D

5 Januari 2013 17.56

@Anonim
bisa bisa XD

5 Januari 2013 17.56

@Alfandi
oh tidak!! bertahanlah Alfandi!! :O

5 Januari 2013 17.59

@ndop
hahaha iya mas Ndop, dari jaman aku SD itu guyonan, sinetronnya Tasya juga waktu jaman SD XD
hu'uh.. kalo cerdas berkaitan sama proses belajar, kayaknya emang bawaan lahir, tp klo masalah pinter (luas wawasan), teteup harus belajar :D

5 Januari 2013 17.59

@Rizki Cahya Permana
terimakasih Rizki :D

13 Januari 2013 00.26

Thanks, tipsnya sangat memotivasi.

16 Januari 2013 11.11

Ingin pintar ? Ayo gabung ke Kompetisi Cerdas Cermat Online Se-Jawa Timur Seri 2
Jangan lupa Join Grup yaa !!!!

Anonim
17 Januari 2013 10.11

wkwkwk... lucu banget pas bacanya, soal pas abis kasih ceramah panjang lebar diskul.. syik.. asyik.. makasih dah nulis.. cuman buat aku, belajar yang instan itu.. cobalah untuk menjadi creatornya pula, karena dengan begitu belajar bisa menjadi lebih cepat karna langsung sadar bahwa tanpa belajar kita akan mungkin jadi pintar.. dan belajar instan itu bukan baik namun jadi merusak otak.. seperti mie instan yang bisa menyerang lambung dan kanker juga... :P

14 Februari 2013 10.28

terimah kasih tutorialnya, jangan lupa mampir disni http://www.unsri.ac.id/

14 Februari 2013 10.38

terimah kasih tutorialnya, jangan lupa mampir disni http://www.unsri.ac.id/

14 Februari 2013 10.39

terimah kasih tutorialnya, jangan lupa mampir disni http://www.unsri.ac.id/

8 Maret 2013 21.22

bertapa di bukit geogle jg bsa. :D

Anonim
15 September 2013 09.03

hahaha sob keren banget sob bisa buat perut jadi gompyarr!!! :D

Anonim
26 November 2013 16.13

ARTIKEL BODOH

Anonim
6 Januari 2014 19.44

apaan lagi...gazebok!!!

Anonim
6 Januari 2014 19.46

gak jelas,lucu gak ngaco iya...huhu...gak bagus nian ceritonyo...ceritonyo entah kemano - mano!!!!!!! -_-

6 Februari 2014 18.12

wah sesat se to the sat sesat bingetz keles

9 April 2014 10.21

belajar aja kalau mau pintar

Poskan Komentar

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...